JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN MODUL 3.3 PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID
- Peristiwa (Fact)
Modul 3.3 tentang Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid merupakan modul terakhir yang harus kami pelajari dalam Pendidikan Guru Penggerak ini. Seperti pada modul-modul sebelumnya, modul ini diawali dengan pendekatan MERDEKA, yaitu dimulai dari diri sendiri yang dimulai pada tanggal 08 November 2024. Pada tahap awal ini, kami diperkenalkan dengan dua pertanyaan penting mengenai definisi program yang berdampak pada murid dan hubungannya dengan student agency. kemudian dilanjutkan tahap eksplorasi konsep. Selama eksplorasi konsep, saya mempelajari cara merancang program yang berdampak positif pada murid dengan mempertimbangkan tiga aspek utama: suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership). Kami juga membahas lingkungan yang mendukung perkembangan kepemimpinan murid dan pentingnya keterlibatan komunitas. Dalam forum diskusi, beberapa CGP mempresentasikan program-program yang telah mereka lakukan di sekolah, diikuti dengan umpan balik dari peserta lain. Elaborasi pemahaman tanggal 15 November 2024.
- Perasaan (Feeling)
Saya merasa bahagia karena kami telah mencapai modul terakhir dari PGP Angkatan 11, dan meskipun banyak tugas yang harus diselesaikan, saya berhasil menyelesaikannya tepat waktu, walaupun beberapa tugas mengalami keterlambatan. Saya merasa bersyukur karena masih diberi kesehatan dan kesempatan untuk belajar hingga modul 3.3 ini, serta menerapkan ilmu yang diperoleh di sekolah. Di sisi lain, saya merasa sedih karena minggu ini adalah minggu terakhir kami berkolaborasi dengan fasilitator. Walaupun kami belum pernah bertemu secara langsung, banyak ilmu dan bantuan berharga yang saya terima dari bapak Farid selama PGP ini. Ada banyak kekurangan yang saya sadari dalam mengikuti program ini, tugas yang terlupakan, dan jadwal video conference yang terlewat. Saya sangat berterima kasih kepada bapak Farid dan Ibu Sutingah selaku fasilitator dan PP atas bantuan dan pengingat yang beliau berikan. Saya ingin menyampaikan terima kasih ini secara langsung kepada beliau di kesempatan mendatang.
- Pembelajaran (Findings)
Modul 3.3 telah memperdalam pemahaman saya tentang bagaimana merancang dan menyusun kegiatan yang dapat memberikan dampak positif bagi murid. Dampak tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kepemimpinan murid atau student agency. Untuk mencapai hal ini, penting untuk mempertimbangkan suara (voice) dan pilihan (choice) murid, sehingga mereka merasa memiliki (ownership) terhadap program tersebut. Langkah pertama dalam merancang program yang berdampak adalah dengan memetakan potensi dan aset yang dimiliki sekolah. Dengan melakukan mapping asset, kita dapat lebih mudah mengoptimalkan program dan mengatasi hambatan yang mungkin muncul. Program yang dirancang dengan baik juga dapat mendukung pencapaian visi dan misi sekolah.
- Penerapan (Future)
Ke depan, saya berencana untuk Program yang akan saya rancang program yaitu integrasi antara kompetensi Sosial emosiaonal dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.Dalam melakasanakan program tersebut saya akan kolaborasi dengan rekan-rekan dan murid di sekolah untuk merancang program atau kegiatan yang bertujuan menumbuhkan kepemimpinan murid. Saya akan memastikan bahwa suara (voice) dan pilihan (choice) mereka diperhatikan dalam proses perancangan, sehingga mereka merasa memiliki (ownership) terhadap hasil akhir. Dengan pendekatan ini, saya berharap program yang kami buat dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi murid.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar